Desa Dusun Tua

Artikel Desa

Uploader Gratis
  • 2018-04-23, 00:54:42

Upload File File berhasil diupload: Keterangan File: Nama File:…

Pemerintah Desa Desa Dusun Tua

TENTANG DESA

Sesuai peraturan daerah nomor 08 tahun 2008 tanggal 10 November 2008, status Desa Dusun Tua merupakan bagian dari pemerintah daerah yaitu termasuk kedalam SOTK Kabupaten Pelalawan. Untuk itu mekanisme perencanaan pembangunan dilakukan melalui perencanaan strategis yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Namun di samping itu juga desa memiliki kewenangan dalam menggagas perencanaan pembangunan bersama masyarakat yang dilakukan secara partisipatif. Hal ini sesuai dengan undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional (SPPN).

Saat ini Desa Dusun Tua dipimpin oleh kepala desa dengan, sesuai baggan organisasi Desa Dusun Tua Kabupaten Pelalawan, Nomor : 08 Tahun 2008 tanggal 10 November 2008 terdapat kaur-kaur yang membidangi masing-masing urusan yaitu kaur pemerintahan, kaur pembangunan, kaur kesra. Disamping itu, Desa Dusun Tua terdiri dari wilayah pembangunan yang dibagi ke dalam 4 rukun warga dan 8 rukun tetangga.

Desa Dusun Tua juga memiliki lembaga-lembaga yang mendukung pemerintah desa serta organisasi kemasyarakatan yaitu BPD (Badan Perwakilan Desa), Penggerak PKK, Koperasi, Karang Taruna, dan lain sebagainya.

KEBIJAKAN PEMBANGUNAN

Arah Kebijakan Pembangunan

Dalam rangka mencapai visi misi tujuan dan sasaran sebagaimana yang telah ada, maka diterapkan sebagai kebijakan dan program pembangunan yang terkait dalam berbagai bidang dan sektor. Keseluruhan kebijakan pembangunan tersebut dikristalisasikan dalam : Arah pembangunan Desa Dusun Tua sebagai berikut :

  • - Sarana dan Prasarana

Peningkatan pembangunan infrastruktur semua bidang baik, pendidikan, kesehatan, perhubungan, dab transportasi. Tiga bidang yang menjadi prioritas pembangunan infrastruktur.

  • - Ekonomi Kerakyatan

Peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengembangan perkebunan dan pertanian yang unggul serta meningkatkan akses ekonomi masyarakat.

  • - Pendidikan

Peningkatan kualitas SDM melalui peningkatan sarana dan prasarana pendidikan dan peningkatan kualitas belajar, serta memberikan kemudahan kesempatan mendapatkan pendidikan dari tingkat SD sampai SLTP.

  • - Kesehatan

Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat melalui peningkatan sarana dan prasarana kesehatan, serta peningkatan mutu pelayanan kesehatan masyarakat.

  • - Perhubungan

Peningkatan infrastruktur perhubungan dengan peningkatan akses jalan menuju ibu kota sebagai akses jalan masuk Desa sentra ekonomi. Disamping itu membuka isolasi desa-desa yang berhubungan langsung dengan Pangkalan Lesung sebagai langkah menuju Ukui sebagai daerah pengembangan ekonomi dan perdagangan yang maju.

  • - Aparatur Pemerintahan

Peningkatan pelayanan pemerintah melalui peningkatan sarana dan prasarana pemerintahan, disiplin, dan perbaikan pelayanan yang semakin efektif dan efisien.

  • - Agama

Peningkatan sarana dan prasarana keagamaan dan peribadatan serta menumbuhkan kesadaran beribadah melalui kegiatan pengajian dan pendidikan agama.

  • - Penerangan

Peningkatan kualitas penerangan melalui pengadaan listrik ke tiga dusun/lingkungan.

  • - Seni Budaya

Pengembangan seni dan budaya tempatan, melalui pelatihan dan penyuluhan budaya.

  • - Kebersihan dan Keindahan

Peningkatan kualitas keindahan dan kebersihan melalui penghijauan dan kebersihan lingkungan.

 

Aspirasi Masyarakat

Artikel Terbaru