Desa Dusun Tua

Artikel Desa

Uploader Gratis
  • 2018-04-23, 00:54:42

Upload File File berhasil diupload: Keterangan File: Nama File:…

Kelompok Tani Desa Dusun Tua

Kelompok tani merupakan suatu wadah bagi para petani/ peternak untuk berkumpul, bertukar pikiran, dan bekerjasama dalam mengembangkan usaha tani di desa. Kelompok tani dibentuk berdasarkan surat keputusan Kepala Desa, guna meningkatkan sektor pertanian desa melalui swadaya masyarakat. Di Desa Dusun Tua sendiri terdapat beberapa kelompok tani yang menaungi jenis unit usahanya masing-masing, mulai dari kelapa sawit, pertanian, peternakan, perikanan dan lain-lain. Kelompok tani ini dibuat dan dikembangkan oleh masyarakat sesuai dengan minat dan tujuan bersama dalam mengembangkan usahanya masing-masing.

Adapun fungsi dan kegiatan dalam kelompok tani tersebut diantaranya adalah :

  • - Sebagai kelas belajar

kelompok tani difungsikan sebagai kelas belajar bagi para petani dan peternak dalam menggali infomasi untuk mengembangkan usaha tani mereka. Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya seperti pelatihan/penyuluhan, diskusi, dan saling bertukar ilmu. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuna para petani/ peternak agar dapat membantu meningkatkan hasil usaha tani mereka.

  • - Wahana kerja sama

Kelompok tani juga bisa menjadi media/tempat untuk memperkuat kerjasama diantara sesama petani dalam kelompok tani dan antar kelompok tani serta dengan pihak lain. Melalui kerjasama ini diharapkan usaha taninya akan lebih efisien serta lebih mampu menghadapi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan.

  • - Unit produksi

Usaha tani yang dilaksanakan oleh masing masing anggota kelompok tani, secara keseluruhan harus dipandang sebagai satu kesatuan usaha yang dapat dikembangkan untuk mencapai skala ekonomi, baik dipandang dari segi kuantitas, kualitas maupun kontinuitas.

Beberapa kelompok tani tersebut tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Desa Dusun Tua. Gapoktan merupakan suatu wadah untuk para kelompok tani dalam meningkatkan daya guna dan hasil pertanian, penyediaan sarana dan prasarana produksi pertanian, permodalan, peningkatan atau perluasan usaha tani ke sektor hulu dan hilir, pemasaran serta kerja sama dalam peningkatan posisi tawar. Adapun anggota dalam Gapoktan tersebut merupakan anggota terpilih yang mewakili masing-masing kelompok tani.

Adapun beberapa fungsi dan kegiatan dalam Gapoktan diantaranya :

  1. 1. Merupakan satu kesatuan unit produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar (kuantitas, kualitas, kontinuitas dan harga).
  2. 2. Penyediaan suplay seperti pupuk bersubsidi, benih bersertifikat, pestisida dan lainnya, serta menyalurkan kepada para petani melalui kelompoknya masing-masing.
  3. 3. Penyediaan modal usaha dan menyalurkan secara kredit/pinjaman kepada para petani yang memerlukan.
  4. 4. Melakukan proses pengolahan produk para anggota (penggilingan, grading, pengepakan dan lainnya) yang dapat meningkatkan nilai tambah.
  5. 5. Menyelenggarakan perdagangan, memasarkan/menjual produk petani kepada pedagang/industri hilir.

Dengan adanya kelompok tani di Desa Dusun Tua ini diharapkan dapat meningkatkan sektor pertanian desa serta dapat memberikan sumbangsihnya untuk memajukan Desa Dusun Tua.

Aspirasi Masyarakat

Artikel Terbaru