Desa Dusun Tua

PPL se Kecamatan Pelalawan Dilantik, Ini Pesan Ketua Panwascam dan Kapolsek

PELALAWAN (PNC) - Panitia Pengawasan Pemilihan Umum Kecamatan Pelalawan Kabupaten Pelalawan melaksakan pelantikan  Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) yang berjumlah 9 orang  pada hari Kamis, 18 januari 2018, tidak hanya itu Panwascam Kecamatan Pelalawan juga membekali peserta PPL dengan BIMTEK setelah usai pelantikan.

Pada saat pelaksanaan pelantikan dihadiri tamu undangan yang diantaranya adalah Camat Pelalawan Djoko Purnomo, S.Sos. M.Si, Kapolsek Kecamatan Pelalawan Yulhairi, Perwakilan KPU Kabupaten Pelalawan serta Kepala Desa se-Kecamatan Pelalawan yang sekaligus memberikan dukungan moril kepada para peserta pelantikan PPL supaya lebih bertanggung jawab dalam menjalankan tuugasnya sebagai pengawas pemilu 2018.

Petugas PPL yang dilantik diharapkan bekerja profesional dan maksimal guna terselenggaranya pemilu yang kondusif, jujur, adil dan tanpa money politik.

Kepada PelalawanNews.com, Karlis, S.Pd Ketua Panwascam  mengatakan bahwa pelantikan PPL ini merupakan bentuk dari pengawasan yang ada di desa-desa untuk  menjaga kondusifitas dalam perhelatan pesta rakyat Riau (Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur) yang akan dilaksanakan pada hari rabu 27 juni 2018.

“Berbicara tentang PPL ini, mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita bahwasannya PPL ini merupakan amanat Undang-Undang yang harus dibentuk. PPL sendiri merupakan ujung tombak dari pelaksanaan pengawasan Pemilu, kita sama-sama tahu bahwa di Desa atau di Kelurahan itu banyak sekali pemasalahan tentang pemilihan itu sendiri. Dengan menjalankan amanat ini dengna baik Insha Allah semuanya akan terlaksana dengan lancar, “pungkasnya.

Karlis juga mengatakan dalam rangka melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 yang mengatur tentang tujuan dari di bentuknya PPL, yaitu mengawasi seluruh tahapan Pemilu dtingkat Desa, Menerima temuan dan laporan dugaan pelanggaran Pemilu dan menindaklanjuti dan meneruskan temuan dan laporan kepihak berwenang.

“Kami berharap kepada seluruh PPL hendaknya melakukan koordinasi dan tidak mengedapankan sikap arogan serta tidak bersikaf diskriminasi dan kami juga berharap PPL tidak ada yang berkepentingan politik dan harus bersifat netral dan semoga dengan adanya PPL ini bisa lebih meningkatkan mutu pelaksanaan Pemilu. Jadikalannya pekerjaan ini pekerjaan yang terhormat dan berkomitmen terhadap Undang-Undang serta NKRI, “harap Karlis.

Sementara itu dihubungi melalui via telefon seluler, Kapolsek Yulhairi berharap PPL dan Panwascam serta pihak yang berwajib bisa bekerja sama dengan baik dalam melaksanakan tugas sesuai dengan yang telah ditentukan.

“Saya sudah mengantongi seluruh nomor handphone PPL se Kecamatan dan saya juga telah memberikan nomor handphone  saya, ini bertujuan untuk menjaga komunikasi yang intensif dalam mengawasi Pemilu. Kami berharap PPL bisa bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas dalam mengawasi kecurangan seperti searangan fajar, melakukan kampanye sebelum waktu kampanye ditentukan serta kecurangan-kecurang lainnya. “ujar Kapolsek kepada PelalawanNews.com Jumat, 19 Januari 2018.

Kapolsek juga menegaskan, kepada seluruh peserta Pemilu terutama Tim Sukses dari pasangan calon yang akan bertanding bisa mentaati Undang-Undang serta aturan yang ada dan jika terdapat ada pihak yang kedapatan  melakukan tindakan kecurangan, Pihaknya bersama Panwascam akan bertindak sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. (Fikri)

Share: