Desa Dusun Tua

Pemkab Pelalawan Sambut Hangat Rombongan University Malaya

PANGKALAN KERINCI (PNC) -Rombongan Mahasiswa dari University Malaya (Malaysia) mendapat sambutan hangat dari Pemerintah Kabupaten Pelalawan dalam kunjungan program 'Jelajah Adat Sambil Beramal' di Gedung Daerah Datuk Laksmana Mangkudiraja, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Jumat (2/2/2018).

Kedatangan rombongan mahasiswa University Malaya ini langsung disambut oleh Wakil Bupati Pelalawan, Zardewan. Dimana mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Pelalawan itu merasa bangga mendapat kunjungan tersebut, terutama untuk melihat kebudayaan dan adat di Pelalawan.

"Kita mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan ini, dengan adanya kunjungan ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara Malaysia dengan Kabupaten Pelalawan, apalagi masih dalam satu rumpun yakni Melayu," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Komisi I DPRD Pelalawan, Abdullah yang turut hadir saat menyambut rombongan mahasiswa dari University Malaya itu dengan harapan bisa mendapatkan kesan yang positif, agar Kabupaten Pelalawan yang dikenal sebaga 'Negeri Seiya Sekata' bisa semakin dikenal di dunia luar.

"Dalam kunjungan ini tentu kita menaruh harapan agar Negeri Pelalawan bisa lebih dikenal di dunia luar, terutama salam adat istiadat yang masih dipertahankan oleh masyarakat saat ini," harap politisi PKS itu.

Tidak sampai disitu saja, dengan adanya kunjungan dari Mahasiswa asal negeri tetangga itu, Pria yang getol dalam memperjuangkan pendidikan di Negeri Amanah ini juga berharap bisa dimanfaatkan langsung untuk menjadi ajang promosi di bidang pariwisata di Kabupaten Pelalawan.

 

"Berdasarkan pemaparan dari rombongan mahasiswa tadi, tujuan utama mereka adalah untuk melihat budaya, adat dan peninggalan sejarah yang ada di Pelalawan. Tentunya peninggalan sejarah yang ada di Pelalawan saat ini adalah salah satu pariwisata, sehingga kita harapkan bisa dipromosikan ke dunia luar," ulasnya.

 

Terakhir Abdullah berharap, dalam menyambut kedatangan tamu dari negeri jiran itu, masyarakat yang nantinya akan berpaparan langsung dengan mahasiswa bisa menunjukkan bentuk dari budaya, sehingga bisa dipromosikan dan berkesan baik bagi mahasiswa tersebut.

Sementara itu, Ketua Himpunan Seniman Pelalawan, Ardianto kepada PelalawanNews.com mengatakan pihaknya menyambut antusias kunjungan dari rombongan mahasiswa University Malaya tersebut, sebab dengan adanya kunjungan itu, maka secara tidak langsung dapat bertukar pemikiran dan menambah wawasan dalam mengembangkan kesenian.

"Kesenian itu tidak kaku, dengan adanya kunjungan ini, kita bisa bertukar pikiran dan lebih mengembangkan lagi kesenian yang ada di Pelalawan, begitu juga sebaliknya bagi mahasiswa yang datang berkunjung itu," pungkasnya.(adv/Rls)

Share: